Pengalaman Menggunakan Google Adwords, Twitter Ads, Kaskus Ads dan FB (Instagram) Ads

Toko online merupakan bisnis yang terus berkembang hingga saat ini. Seiring perkembangan teknologi, berkembang juga online shop yang tersedia. Sudah muncul berbagai macam online shop yang besar dan mendominasi pasar di Indonesia seperti Lazada, Elevenia, Bhinneka, Bukalapak dan masih banyak lagi.

Yang mengesalkan, online shop besar ini seringkali menggunakan modal besar untuk Advertising mereka. Sehingga online shop yang berupa UKM seperti Toko Onis lambat laun kalah juga peringkatnya di Google.

Dulu, Toko Onis sempat merajai hasil pencarian Google dengan keyword seperti jual catokan, harga catokan rambut, dan keyword-keyword yang menggunakan catokan rambut lainnya.

Namun untuk saat ini, menggunakan SEO pada online shop saja tidak cukup. Online shop besar sekarang menggunakan jasa ads yang disediakan website-website besar atau yang biasa disebut Paid Search Advertising (PSA).

Menurut bagan dari Reliablesoft.net, Paid Search Advertising merupakan bagian dari Search Engine Marketing (SEM) bersamaan dengan SEO. Sehingga jika kita mau berbicara tentang Search Engine Marketing, kita tidak boleh hanya fokus untuk mempelajari SEO dan melupakan PSA.

Saya menyadari hal ini sejak dari bulan Agustus 2015 dan sedikit menyesal karena tidak menggunakan jasa PSA ini daridulu.

Mungkin banyak yang berpikir seperti saya, tidak ingin menggunakan PSA karena PSA akan memakan biaya. Saya katakan hal ini memang benar, PSA membuat kita membayar untuk jasa yang diberikan. Tapi ada satu hal yang perlu kamu ketahui sebelum kamu memutuskan untuk tidak menggunakan PSA.

Jasa periklanan online saat ini tidak memakan biaya yang terlalu mahal

Saat ini jasa periklanan online biayanya tidak terlalu mahal. Pada umumnya, kira-kira akan memakan biaya sekitar 5 ribu rupiah untuk setiap kali klik. Tentu bagi website biasa yang non-profit ini akan merugikan, tapi bagi online shop seperti Toko Onis, Lazada, Elevenia dan online shop lainnya ini bisa menguntungkan.

Ibarat Anda membayar biaya marketing namun dengan harga 5 ribu untuk setiap orang yang melihat produk kita. Targeted advertising (iklan yang ditarget) juga memungkinkan untuk pengunjung-pengunjung dari iklan berbayar itu memang berminat atau sedang mencari produk yang kita tawarkan. Jadi, 5 ribu rupiah untuk orang-orang yang sedang mencari produk seperti yang Anda tawarkan. Cukup murah untuk bisnis UKM yang bisa mengambil keuntungan dari barang yang mereka jual.

Jasa periklanan online bisa di-budget sesuai keinginan kita

Mungkin ada yang ragu dan takut biaya periklanan over quota atau melebihi batas yang kita anggarkan. Jangan khawatir! Jasa-jasa periklanan online saat ini sudah menggunakan sistem Budget. Artinya kita bisa memberikan budget atas biaya iklan yang kita inginkan.

Jasa periklanan online memberikan laporan untuk iklan yang kita lakukan

Jasa periklanan online besar seperti Google, Facebook dan Twitter umumnya memberikan kita laporan yang lengkap atas iklan kita. Dengan demikian, kita bisa melihat konversi harga yang mereka tawarkan beserta keuntungan kira-kira yang kita dapatkan.

Nah, yang terpenting sebenarnya dari periklanan online ya laporannya ini. Kita bisa tahu iklan yang mahal dan keuntungan yang kita dapat. Mumpung saya baru mendapatkan pengalaman menggunakan Google Adwords, Twitter Ads, Kaskus Ads dan FB Ads; saya berpikir untuk membagikan beberapa pendapat atau review saya mengenai jasa periklanan online ini.

Sekilas saja ya, kalau mau lebih detail silahkan tanyakan di komentar..

Google Adwords

Google Adwords merupakan jasa iklan yang disediakan oleh Google. Iklan kita akan dipasang melalui beberapa produk Google seperti Google Search dan Adsense. Anda dapat memilih untuk memasang iklan di produk yang mana saja.

Harga yang ditawarkan juga relatif murah jika dibandingkan dengan kompetitor lain. Susah untuk menyebutkan harga pasti pada iklan Google karena harga yang ditawarkan tergantung dengan kata kunci yang kita pakai.

Menurut saya, kalau produk-produk perawatan rambut seperti catokan rambut dan hairdryer yang saya jual di Toko Onis, biasanya ini timbul karena kebutuhan sehingga lebih baik untuk memanfaatkan Google Search aja. Tidak melepas kemungkinan kalau Adsense sebenarnya bisa memberi keuntungan juga sih..

Yang menarik jika menggunakan Google Search, iklan kita akan ditampilkan sesuai dengan kata kunci yang kita targetkan. Jadi misalnya, karena produk Toko Onis adalah catokan rambut, maka orang yang menulis “harga catokan rambut” di Google akan melihat iklan Toko Onis juga.

Google Harga Catokan Rambut - Toko Onis

Cuman, iklan Google Adwords juga bakal berebutan dengan iklan yang lain sehingga seringkali iklan kita bakal tenggelam dengan iklan yang sama.

Saya sendiri juga baru berpikir, kalau produk kita harganya mahal-mahal, iklan di Google Adwords kurang efektif juga. Karena para pencari Google kebanyakan tidak membuka satu website saja. Dia akan membandingkan dengan website-website lain yang menawarkan harga yang lebih murah.

Untuk itu, saya mulai berpikir untuk mengurangi budget Google Adwords karena produk-produk dari Toko Onis kebanyakan High Quality. Hmm.. Sepertinya budget marketing online akan digunakan untuk jasa iklan yang lain.

  • Targeted advertising berdasarkan keyword
  • Harga yang relatif murah dengan jasa iklan online lain
  • Saingan pengguna Adwords yang banyak

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Google Adwords. Silahkan kunjungi langsung Google Adwords.

Twitter Ads

Sebagai salah satu media sosial yang diminati orang Indonesia, beriklan di Twitter (Twitter Ads) merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi para pengiklan.

Twitter Ads menawarkan berbagai cara beriklan seperti mengiklankan website, mengiklankan akun Twitter kita, meng-install aplikasi dan lainnya.

Saya sempat menggunakan Twitter Ads untuk mengiklankan website Toko Onis dengan kampanye untuk Hairdryer, Catokan rambut dan Clipper. Targeted advertising-nya bisa menyesuaikan informasi pribadi para pengguna Twitter. Misalnya pada jenis kelamin, minat, bahkan pencarian yang sedang mereka lakukan.

Menurut saya, biaya yang ditawarkan untuk pay-per-click nya cukup mahal dibandingkan dengan biaya jasa iklan online lainnya.

Twitter Ads Tokoonis

Sempat sedikit bingung dengan cara pembayarannya. Entah kenapa saya masih bingung jika mau bayar langsung biaya iklan. Konsepnya otomatis menyicil dari biaya iklan kita. Memang sedikit unik lah ya, yang penting tujuan utama untuk beriklan tidak terlalu membingungkan.

  • Targeted advertising berdasarkan informasi pribadi pengguna Twitter
  • Harga yang relatif mahal dengan jasa iklan online lain

Jika Anda tertarik untuk mencoba Twitter Ads. Coba saja, saran saya gunakan Twitter Ads kalau memang budget untuk iklan Anda cukup banyak. Silahkan kunjungi Twitter Ads untuk mencobanya.

Kaskus Ads

Beriklan di tempat ini cocok untuk kita pelaku Online Shop di Indonesia berhubung Kaskus merupakan forum Indonesia yang terbesar di Indonesia.

Iklan kita di Kaskus akan dilihat oleh pengunjung forum-forum sesuai dengan forum yang kita minta. Disini kelihatan banget sih, kalau kita mau iklan kita dilihat dan di-klik banyak orang sebaiknya kita masukkan iklan kita di forum The Lounge karena itu memang yang paling ramai.

Tapi jika Anda mau targeted Advertising karena produk Anda merupakan produk tertentu. Anda juga bisa menyesuaikannya. Misalnya jika produk Anda berhubungan dengan teknologi, masukkan iklan Anda ke forum yang berhubungan dengan teknologi. Untuk yang menggunakan paketan yang disediakan Kaskus, biaya beriklannya bisa mendapatkan diskon.

Terkadang iklan banyak dilihat juga tidak menjamin orang-orang yang mengunjungi kita akan cocok dengan produk kita. Untuk itu perlu dipertimbangkan antara iklannya mau banyak dilihat atau dilihat orang dengan kategori tertentu saja.

Kaskus menetapkan harga iklan dengan pilihan apakah iklan kita mau dibayar sesuai yang melihat (impression) atau setiap orang yang klik iklan kita (click).

Saya sendiri menggunakan keduanya. Ada yang saya targetkan iklan ramai dan ada yang saya targetkan ke forum tertentu. Iklan yang ramai bakal cepat selesai karena banyak yang klik sedangkan iklan ke forum tertentu akan bertahan lama menunggu orang yang sesuai dengan target kita untuk klik ke website kita. Plus minus lah.

Kaskus Ads

Iklan di Kaskus akan tampil dengan gambar dan teks iklan kita di bagian tengah pada thread yang dilihat. Jadi sebaiknya anda siapkan gambar dengan ukuran 120×120 untuk beriklan di Kaskus Ads ini.

Salah satu keunggulan Kaskus dengan Ads besar yang lain, pembayarannya menggunakan Kaspay dimana untuk top up-nya bisa dilakukan dengan KlikBCA. Bagi yang bingung dengan PayPal yang ujung-ujungnya berhubungan dengan kartu kredit, Anda bisa beriklan Kaskus yang bisa menggunakan KlikBCA.

  • Targeted Advertising berdasarkan topik forum
  • Bisa memilih pay-for-clicks atau pay-for-impressions
  • Pembayaran bisa menggunakan KlikBCA

Kaskus Ads boleh dicoba bagi kamu-kamu yang memiliki produk dengan mangsa pasar di Indonesia. Silahkan kunjungi Kaskus Ad untuk pasang iklan di Kaskus.

Facebook Ads

Ini pengalaman saya menggunakan PSA yang paling baru dan paling bikin seneng untuk saat ini. Facebook Ads menggunakan Page FB kita untuk melakukan Promote.

Hampir sama dengan Twitter Ads, Facebook Ads dapat menggunakan targeted advertising berdasarkan informasi pribadi pengguna Facebook.

Yang artinya, kita bisa memasang iklan dengan target berdasarkan jenis kelamin, area, minat, umur dan lainnya.

Biaya iklan di Facebook juga hampir sama dengan Online Advertising lainnya, dapat dianggarkan. Namun, anggaran minimal per hari dari Facebook relatif mahal juga sih menurut saya. Hanya saja, ternyata konversinya untuk setiap yang klik sangat murah loh!

Facebook Ads Tokoonis

Iklannya akan tampil di post sendiri seperti gambar di atas. Disini terlihat berapa banyak orang yang like dan klik melalui iklan di Facebook Ads yang saya buat.

Secara praktik, saya melihat jumlah yang like di Facebook Page Onis juga bertambah seiring dengan jumlah click di website Toko Onis. Jadi, Facebook Ads membuat Facebook Page kita dapat menambah like serta nambah klik juga untuk website kita.

Jumlah orang yang tanya-tanya dan membeli produk dari Toko Onis juga meningkat, sekalipun bingung juga menentukan peningkatan ini karena faktor apa. Namun kemungkinan Facebook Ads merupakan faktor yang cukup besar dalam peningkatan ini.

  • Targeted Advertising berdasarkan informasi pribadi pengguna Facebook
  • Harga yang relatif murah dengan jasa iklan online lain
  • Dapat menambah like di Facebook Page dan click website

Bagi para pelaku online shop, silahkan mencoba gunakan Facebook Ads ini.

Instagram Ads

Instagram Ads merupakan PSA yang sekitar pertengahan 2015 baru bisa digunakan. Untuk cara beriklan di Instagram bisa lihat di pos saya yang berjudul cara beriklan di Instagram.

Saat baru awal-awal memakai iklan Instagram Ads ini, terasa banget ya efeknya. Makin banyak yang tanya-tanya dan beli. Mungkin karena waktu itu beriklan di Instagram masih terkesan baru ya. Jadi terkesan eksklusif.

Namun seiring berjalannya waktu, keefektifan iklan Instagram menurun juga. Tapi jangan salah loh, tetep efektif sih menurut saya. Hanya tidak seramai waktu sebelumnya.

Di Instagram, iklan yang ditampilkan dalam bentuk gambar atau video, jadi kita mesti pintar-pintar membuat gambar iklan kita menarik perhatian saat orang melihatnya.

Makanya, iklan Instagram ini cocok banget buat produk-produk yang bisa ditampilkan dalam gambar dengan kemasan yang menarik. Misalnya sepatu, baju, tas atau barang-barang mewah lainnya.

Soal harga kurang lebih sama sih dengan Facebook. Karena Instagram sendiri sudah dibeli Facebook, jadi kalau ngomongin soal konversi harga, tidak terlalu jauh berbeda dengan Facebook.

Yang menarik dari Instagram, sebagian besar isi dari sosial media ini berbicara dalam bentuk gambar. Artinya, pengguna yang menggunakan Instagram memang mengharapkan untuk melihat gambar. Jadi, kemungkinan iklan kita dilihat bakal lebih besar daripada iklan di media Advertising lainnya.

  • Targeted Advertising berdasarkan informasi pribadi pengguna Instagram
  • Harga yang relatif murah dengan jasa iklan online lain
  • Sangat cocok buat iklan yang memang menarik dalam bentuk gambar

Oh ya, Instagram Ads sebaiknya diimbangi dengan akun Instagram yang aktif juga. Karena iklan yang kita pasang bisa membuat pengguna Instagram kita melirik akun kita. Jadi, takutnya malah menjadi potential loss jika orang yang melihat iklan kita tidak jadi membeli karena melihat akun instagram kita tidak aktif.

Aktif di Instagram juga tidak rugi loh buat penjual online, kita bisa memainkan fitur hashtag Instagram yang bisa saja membuat orang melihat iklan kita tanpa kita perlu membayar Instagram. Asik kan? :)

Bagi para pelaku online shop yang merasa produknya dapat disampaikan melalui gambar. Silahkan aja gunakan Instagram Ads ini. Efektif loh..

Online Advertising untuk website Online Shop

Sumber utama dari artikel ini adalah pengalaman saya sendiri sebagai pelaku bisnis online shop. Anda juga bisa membaca artikel 5 Reasons Why PPC is important for Small Business Success untuk menambah wawasan Anda mengenai PSA.

Perkembangan teknologi sangat cepat, untuk itu trial and error dengan berbagai jasa online advertising harus sering-sering dilakukan agar dapat mengerti mana yang efektif mana yang kurang.

Tidak dapat saya pungkiri, pelaku online shop butuh untuk menggunakan Online Advertising. Berbeda dengan blog, online shop lebih memungkinkan untuk menghasilkan uang dari pengunjung web-nya.

Berikut tips-tips yang bisa saya berikan bagi pelaku online shop yang ingin memasarkan produknya dengan jasa Online Advertising

  • Berikan anggaran untuk beriklan secara Online
  • Jangan ragu untuk mencoba segala jenis iklan online selama biayanya tidak melebihi anggaran
  • Analisa hasil, anggarkan jumlah yang lebih besar untuk iklan yang efektif

Selamat mencoba untuk beriklan dan jangan ragu untuk memberikan komentar untuk hal-hal yang ingin ditanyakan atau dibagikan.

13 comments to “Pengalaman Menggunakan Google Adwords, Twitter Ads, Kaskus Ads dan FB (Instagram) Ads”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Ada pemecahan masalah ga pak biar ngiklan di luar negeri tapi budget minim..

    Kalau bisa saya request tentang review lengkap Instagram Ads dan apakah Instagram Ads mempunyai daya tarik tersendiri atau bagaimana..
    Ditunggu pak postinganya, hehe

    • Thanks buat komentarnya 😀

      Saya belum pernah coba sih iklan di luar negeri, tapi kalau memang ngomongin soal budget minim, sepertinya iklan di sosmed bisa membantu deh..

      Sudah saya coba tambahkan pengalaman saya menggunakan Instagram Ads di pos ini.

      Dan yup, Instagram Ads memiliki daya tarik sendiri karena pengguna sosmed Instagram memang ingin melihat gambar. Jadi saat iklan kita muncul, kemungkinan dilihatnya lebih besar.

      Apalagi kalau target Anda anak-anak muda, sepertinya kebanyakan mereka saat ini lebih aktif di Instagram daripada sosmed lain

  2. After going over a number of the blog posts on your web site, I honestly appreciate your technique of blogging.

    I book marked it to my bookmark site list and will be checking back soon. Please visit my website as well and tell me what you think.

  3. Pengen nyoba yang adwords, kalau pake yang google adwords itu bayarannya dihitung perklik atau perhari sih? masih pengen tanya dulu sama yang pernah ngiklan di adwords :)
    sebelumnya ngiklan di blog orang yang statistiknya bagus cuman pengaruhnya nggak besar karena beda topik

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.