Cara Memunculkan Aplikasi di Pencarian Play Store

ASO (Application Software Optimization) merupakan suatu istilah baru yang harus diperhatikan di perkembangan era mobile saat ini.

Bertumbuhnya tingkat penggunaan smartphone memacu banyaknya aplikasi yang bermunculan. Bisnis berupa website sudah dinilai belum cukup, perlu dukungan aplikasi untuk memudahkan bisnis menjangkau pelanggannya.

Muncullah sebuah ilmu baru yang dapat mendukung munculnya aplikasi yang Anda buat di pencarian pada pasar aplikasi (Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS). Dari situlah, muncul istilah ASO alias ilmu untuk menampilkan aplikasi pada pencarian di pasar aplikasi.

Keuntungan Penerapan ASO

Gambar di atas menunjukkan bagaimana peran ASO jika dapat diterapkan dengan baik di kalangan startup. Mengingat startup bukanlah suatu hal yang langsung diingat orang. Hampir tidak mungkin orang tiba-tiba menulis nama startup kita. Yang paling memungkinkan adalah mereka mencari solusi yang kita tawarkan lewat startup.

Startup saya jagel.id yang memudahkan orang untuk membuat aplikasi Android ini dapat muncul nomor satu (yang tentunya ditutupi iklan) pada saat orang mencari dengan kata kunci buat aplikasi.

Alhasil, terdapat ratusan pengguna per hari yang meng-install aplikasi ini di Play Store. Memang terkesan sedikit, namun yang perlu diingat keuntungan dari penerapan ASO adalah membuat aplikasi Anda lebih mudah dicari orang tanpa perlu membayar biaya iklan yang tentunya cukup mahal.

Munculnya startup-startup digital di Indonesia membuat banyak aplikasi bertebaran di Play Store maupun App Store. Jika Anda hanya mengandalkan budget dari iklan saja, Anda dapat kehabisan modal yang besar untuk pemasaran dengan hasil yang hanya sementara. Namun jika penerapan ASO dilakukan dengan baik, Anda dapat duduk diam dan pengguna akan berdatangan sendiri.

Menerapkan ASO pada Aplikasi di Play Store

Sebetulnya teknik dasar ASO sudah sempat saya tulis di blog startup saya yang berjudul Tips Buat Aplikasi Dikenal dengan Application Software Optimization (ASO). Anda bisa baca secara lebih lengkap pada artikel tersebut, namun di artikel kali ini saya akan membahas secara singkat untuk hal-hal yang perlu diperhatikan.

Nama, Deskripsi Singkat dan Deskripsi

Cara memunculkan aplikasi Anda di pencarian Play Store yang paling sederhana adalah melalui nama, deskripsi singkat dan deskripsi. Pastikan isian ini diisi dengan kata kunci yang ingin Anda kejar. Misalkan di startup saya adalah kata buat aplikasi, maka isian nama, deskripsi singkat dan deskripsi yang ada di Play Store selalu saya sisipkan kata kunci tersebut.

Rajin-rajin membalas ulasan di Play Store

Selain kata kunci buat aplikasi, sebetulnya saya juga menargetkan kata kunci bikin aplikasi. Oleh karena itu, saya mencoba riset melalui ulasan dimana setiap ulasan yang ada saya balas dengan kata-kata yang mengandung unsur bikin aplikasi.

Setelah beberapa bulan berusaha, akhirnya aplikasi saya muncul di pencarian pada kata kunci bikin aplikasi. Sekalipun belum menjadi paling atas karena terdapat aplikasi serupa yang menargetkan kata kunci yang sama.

Namun dari riset ini saya dapat mempelajari bahwa Google Play Store juga memperhatikan ulasan yang pengguna kita berikan dan ulasan yang kita balas.

Rajin-rajin meng-update aplikasi

Sejauh pengalaman saya, sepertinya Play Store suka dengan aplikasi yang sering diperbaharui. Sekalipun ini belum terbukti benar, namun ada baiknya untuk sering-sering meng-update aplikasi yang Anda buat agar dinilai baik oleh Play Store.


Sekian sedikit ulasan saya untuk memunculkan aplikasi di Play Store menggunakan metode ASO. Sebetulnya sama dengan konsep SEO, ilmu ASO bukan merupakan ilmu pasti, namun ilmu yang diciptakan berdasarkan best practices yang terjadi di lapangan.

Semoga 3 poin ini dapat mencerahkan Anda untuk memajukan aplikasi startup Anda pada pencarian aplikasi di Play Store.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.