Cara Beriklan di Instagram

Melanjutkan pos saya sebelumnya tentang pengalaman menggunakan Google Adwords, Twitter Ads, Kaskus Ads dan FB (Instagram) Ads, postingan kali ini akan membahas mengenai cara beriklan di Instagram.

Cara beriklan yang dimaksud bukan mengenai paid promote atau paid keroyokan seperti cara beriklan Instagram pada umumnya, cara beriklan yang akan dibahas pada postingan kali ini merupakan pemasangan iklan yang resmi di media Instagram.

Yang pertama yang harus kita miliki untuk memasang iklan di Instagram adalah Facebook Page. Yap! Instagram yang sudah dibeli oleh Facebook membutuhkan akun Facebook untuk memasang iklan di Instagram. Nantinya, pengaturan iklan dan semacamnya juga harus dilakukan di website Facebook (bukan Instagram).

Oleh karena itu, kita perlu mengintegrasikan Akun Instagram kita dengan Facebook Page yang disediakan oleh Facebook. Tapi, sebelum itu tentu kita harus memiliki Facebook Page terlebih dahulu.

Cara Membuat Facebook Page

Cara membuat Facebook Page gampang kok, tinggal klik aja “Create Page” yang ada di tombol navigasi Facebook. Nanti tinggal mengisi informasi yang diminta oleh Facebook sambil next-next seperti biasanya dan voila! Facebook Page yang diinginkan telah dibuat.

Setelah itu masuk ke Facebook Page yang telah dibuat, masuk ke bagian settings (pengaturan) lalu Instagram Ads. Disitu Anda tinggal memasukkan informasi akun instagram Anda untuk mengintegrasikan Facebook Page dengan Instagram.

Jika berhasil, kira-kira tampilan di halaman Facebook akan seperti ini.

Integrasi Facebook Instagram

Setelah koneksi berhasil, kita tinggal buat iklan Instagram melalui website Facebook ini.

Oh ya, pastikan Anda punya kartu kredit ya, karena cara pembayaran iklan di Instagram menggunakan kartu kredit.

Membuat Iklan di Instagram

Untuk membuat iklan di Instagram, masuk ke website Facebook lalu klik bagian navigasi dan klik “Create Ads” (bisa juga sih pilih Manage Ads, tapi caranya sedikit berbeda).

Ada 3 bagian besar dalam Facebook Ads (yang nantinya bisa dipakai untuk beriklan di Instagram). Yaitu Campaign, Ad Set, dan Ad. Dimana saat kita meng-klik Create Ads, Facebook akan membantu step-step dalam mengisi iklan Instagram yang mau kita buat.

Campaign

Untuk Campaign, digunakan sebagai tujuan utama kita beriklan. Di setting-an ini kita akan mengatur jenis iklan apa yang kita mau gunakan. Kalau saya sih biasanya memilih Send people to your website (mengirim orang ke website Anda) karena tujuan saya beriklan adalah untuk meningkatkan jualan catokan rambut, hairdryer dan clipper saya. Ada banyak pilihan lain yang bisa Anda manfaatkan. Misalnya meningkatkan facebook page like, install app yang kita buat, dan lainnya.

Langkah Beriklan di Instagram

Langkah Beriklan di Instagram

Setelah memilih jenis iklan, kita akan ditawari untuk membuat Facebook Pixel. Kalau gak mau ribet, abaikan saja, tapi kalau suka belajar hal-hal baru silahkan coba pakai Facebook Pixel dan nanti ceritakan pada saya di komentar ya, apa itu Facebook Pixel dan kegunaannya. Hehehehe..

Campaign Name biarkan diisi default aja atau tuliskan nama Campaign yang Anda mau. Intinya biar mudah aja sih kita ingat-ingat Campaign ini untuk apaan.

Kalau sudah memilih Campaign, klik aja button “Set Audience & Budget” yang akan memindahkan kita ke pengaturan Ad Set.

Ad Set

Ad Set digunakan untuk mengatur target pemasaran iklan kita. Disini kita bisa memilih target pasar kita seperti jenis kelamin, umur, bahkan sampai ke lokasi mereka. Ada filter-filter lain juga seperti kesukaan, tingkah laku, dan macam-macam detail targetting lainnya.

Dan yang terpenting, di Ad Set ini kita bisa mengatur budget iklan kita. Pastikan budget iklan kita sesuai dengan keberanian kita dalam melakukan Marketing Online.

Untuk schedule, sebaiknya pilih Run my ad set continuiously starting today. Biar ga ribet aja sih, jadi iklan ini akan terus jalan sampai kita sendiri yang menonaktifkan iklan tersebut.

Jika sudah selesai mengisi Ad Set ini, silahkan klik “Choose Ad Creative” untuk mengatur iklan kita di bagian Ad.

Ad

Pada bagian ini, saatnya kita memilih gambar iklan yang mau kita pasang. Bisa juga loh untuk memasang video pada iklan.

Jangan lupa koneksikan dengan Facebook Page dan akun Instagram yang mau Anda iklankan. Isi teks dengan kalimat yang menarik untuk memasang iklan, lalu pilih Call-to-Action yang sesuai dengan jenis iklan Anda. Misalnya Shop Now, Contact Us, Download dan lainnya.

Pasang Iklan Instagram

Pasang Iklan Instagram

Di bagian kanan ada Ad Preview dimana pada bagian ini, kita bisa memilih iklan kita mau ditampilkan dimana saja. Jika hanya mau di Instagram saja, silahkan klik Remove jenis-jenis tampilan iklan yang lain.

Setelah semua pengaturan selesai, tinggal klik Place Order dan iklan Instagram pun berhasil dibuat.

Iklan Instagram Berhasil Dibuat!

Setelah selesai semuanya, kita perlu menunggu untuk iklan kita disetujui. Kadang bisa sampai sehari atau kalau cepat bisa satu jam setelah itu langsung disetujui.

Biasanya sih, iklan saya ditolak oleh Facebook karena alasan gambar yang mengandung teks. Makanya perhatikan baik-baik agar gambar iklan kita tidak mengandung terlalu banyak teks. Kalau website OLX bisa melakukan filter untuk tulisan pada gambar, jangan berpikir Facebook juga tidak bisa melakukan hal seperti itu ya.

Akhir kata, selamat beriklan di Instagram! 😀

3 comments to “Cara Beriklan di Instagram”

You can leave a reply or Trackback this post.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.